Dewan Pers : Media Sebagai Sumber Positivisme Menengah Sebuah Kontrol Sosial – Dan Menjadi Sebuah Kekuatan Para Insan Pers Di Indonesia “Memilah – Memilih Jurnalisme, Kali ini ; Tim Wartawan/Jurnalis dari Media TribataTv (Dibakarnya Rumah), Sidik Ungkap Bergerak Para Pers Indonesia” Sudah HEBAT Pelaku!!!

IMG 20240702 183553

Loading

JST-NEWS.COMDewan Pers : Media Sebagai Sumber Positivisme Menengah  Kontrol Sosial di Masyarakat Umum Dunia – Dan Menjadi Sebuah Kekuatan Para Insan Pers Di Indonesia “Memilah – Memilih Jurnalisme, Kali ini ; Tim Wartawan/Jurnalis dari Media TribataTv (Dibakarnya Rumah), Sidik Ungkap Bergerak Para Pers Indonesia” Sudah HEBAT Pelaku!!! Red©2024/2/7/dikutip; Jawa Tengah.

kami segenap media di Indonesia, “akan mengerahkan segala upaya untuk terus mengusut siapakah pelaku dalam dalang di atas segalanya pada suatu media tribatatv, di sumatera – kehilangan rumah tinggal . . .”(*)

bagaimana jika terjadi dengan diri sendiri, pelaku yang ketika problematika suatu masalah “tidak memakai kepala adem (dingin)”.

ini lah sikap manusia yang menanamkan nilai-nilai egois terhadap perilaku adab tentang ilmu akhlak tidak “dipakai”.

presiden RI ke – 7 semoga mendengar, melihat, serta instansi terkait Pemerintah dan Institusi Kepolisian Republik Indonesia dapat menyelesaikan rekan seperjuangan kami yang menjerit hilang/raib unit rumah (hangus).

dalam surat dewan pers, di publikasikan oleh Dr.Ninik Rahayu dkk pun ikut terbit agar dapat (pelaku – TERTANGKAP SEMUA!!!)

isi dalam kutipan surat tersebut yaitu, dibawah ini :

IMG 20240702 183530

IMG 20240702 183553

disertakan nya pula, isi detail kami seluruh media pun antusiasme untuk menjadikan investigasi penting dalam dunia jurnalistik, jurnalisme, dan ilmu pengetahuan penyidikan sebuah pengembangan keterangan pun didapat tetap akurat/aktual secara seksama cermat dalam penindakan dilapangan.

Adapun isi dari dewan pers yang membentuk seluruh media di Indonesia, menyatukan kesatuan visi dan misi baik/benar terotentikasi masalah pada Pers TribataTv, sebagai informasi ini :

Siaran Pers – Dewan Pers

*Perlu Dibentuk Tim Investigasi Bersama untuk Usut Kebakaran di Rumah Wartawan di Tanah Karo*

1. Kekerasan terhadap wartawan adalah pelanggaran hukum dan bertentangan dengan isi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Aktivitas wartawan, dalam hal ini wartawan Tribrata TV menjalankan pekerjaan lain yang diduga melanggar hukum bukan merupakan pembenaran atas kekerasan yang dialaminya.

2. Berdasarkan pemberitaan di pelbagai media, telah terjadi kebakaran di rumah wartawan Tribrata TV, Sempurna Pasaribu yang berlokasi di kawasan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara pada tanggal 27 Juni 2024. Kebarakan itu menewaskan empat orang, yakni Sempurna Pasaribu (47 tahun), Elfrida boru Ginting (48 tahun, istri Sempurna), Sudi Investasi Pasaribu (12 tahun, anak), dan Loin Situkur (cucu, 3 tahun).

3. Tim pencari fakta dari Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumut yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan telah melakukan verifikasi dan pendalaman kasus kebakaran tersebut. Dari hasil investigasi ditemukan sejumlah fakta, bahwa kasus kebakaran yang menewaskan 4 orang itu terjadi setelah korban memberitakan perjudian yang ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara dan diduga kuat melibatkan oknum TNI.

4. Dewan Pers sangat menyesalkan terjadinya kebakaran yang merenggut nyawa tersebut. Ada dua versi yang berbeda atas kejadian ini. Versi tim KKJ menyatakan adanya dugaan keterlibatan oknum TNI dan terkait dengan pemberitaan perjudian di rumah oknum TNI tersebut. Sedangkan versi lain menyebutkan, bahwa kebakaran itu lantaran ada ceceran bensin di rumah korban dan kemudian menyulut bara api. Kebetulan rumah korban memang berjualan bensin eceran.

5. Atas kejadian itu, Dewan Pers meminta Kapolri bersama Kapolda membentuk tim penyeledikan yang bersikap adil dan imparsial dalam mengusut kasus ini. Dewan Pers juga akan membentuk tim investigasi bersama yang melibatkan aparat dan unsur jurnalis atau KKJ.

6. Dewan Pers meminta Panglima TNI dan Pangdam membentuk tim untuk mengusut kasus ini secara terbuka dan imparsial.

7. Dewan Pers meminta kepada Komnas HAM dan LPSK untuk turut serta secara melakukan upaya investigasi dan memberikan perlindungan yang dianggap perlu kepada keluarga korban.

8. Secara khusus Dewan Pers mengimbau wartawan dan media agar bekerja secara profesional dan memegang teguh Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta aturan lain yang terkait. Dewan Pers berharap peristiwa semacam ini tak lagi terjadi dan wartawan bisa menjalankan tugas jurnalistiknya dengan baik.

 

Jakarta, 2 Juli 2024

Ketua Dewan Pers

Dr. Ninik Rahayu, S.H.,M.S.

Tembusan – Presiden RI Ir.H.Joko Widodo, TNI DAN POLRI 

Catatan :

•Jangan pernah meremehkan profesi kinerja kami dalam pers/jurnalis mencari sebuah informasi berita akurat secara semestinya untuk sebuah “Controling Social”, kami semua menjadi terdepan kekuatan dalam mencapai maksud dan tujuan (baik – benar).

•Bagaimana dengan keluarga, Anak Bangsa dan Negara Indonesia?

Reportnews©2024/2/7/disadur oleh /Pimpinan Redaksi,Widodo,S.Psi/Lokasi-Jawa Tengah.


















 

 

 

 

 

 

error: Content is protected !!