Kementerian BUMN Dukung Kolaborasi Strategis Grup BUMN dengan Microsoft untuk Akselerasi Transformasi Digital di Ekosistem BUMN

IMG 20231219 WA0122

Loading

JST-NEWS.COM –Jakarta, 19 Desember 2023 – Kementerian BUMN mendukung kolaborasi strategis antara Grup BUMN dengan Microsoft untuk mengakselerasi dan memperluas transformasi digital di ekosistem BUMN melalui pemanfaatan Office 365 di BUMN, anak dan cucu perusahaan dalam grup BUMN.

Kemitraan ini diwujudkan dalam penandatanganan Framework Agreement antara Forum Digital BUMN (FORDIGI BUMN) sebagai forum koordinasi Grup BUMN di bidang Teknologi dan Informasi dengan Microsoft di Seattle pada Senin, 18 Desember 2023.

Acara penandatanganan yang dilakukan antara Muhamad Fajrin Rasyid – Ketua Umum FORDIGI BUMN dan Robert Karczewski – Director Operations Microsoft Asia Pacific Operation Center ini disaksikan langsung oleh Tedi Bharata – Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN selaku pembina dari FORDIGI BUMN, Antony Cook –  Corporate Vice President & Deputy General Counsel Microsoft, Raghu Ramakhrishnan – Chief Technology Officer for Data Microsoft, dan Dharma Simorangkir – Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

“Kepemimpinan teknologi dan transformasi digital di ekosistem BUMN merupakan fondasi untuk kekuatan dan kemajuan. Dengan peran besar BUMN sebagai lokomotif pembangunan bangsa dan skala Grup BUMN yang demikian besar, kita harus memastikan tidak ada yang tertinggal: semua holding BUMN, juga anak, dan cucu perusahaan di seluruh nusantara. Tidak hanya yang besar dan yang di kota besar. Semua bertransformasi, tanpa terkecuali. Ini adalah ikhtiar yang memerlukan dukungan dan sinergi di dalam BUMN dan dengan berbagai pihak, sebagaimana arahan Menteri BUMN, Pak Erick Thohir. Untuk itu kami menyambut baik kemitraan FORDIGI BUMN dengan Microsoft untuk mengakselerasi transformasi digital di ekosistem BUMN yang didalamnya terdapat lebih dari 800 perusahan dengan lebih dari 1 juta karyawan BUMN,” ungkap Tedi Bharata seusai momen penandatanganan kerangka kerja FORDIGI BUMN dan Microsoft (18/12).

Kolaborasi ini kedepannya akan dapat meningkatkan keamanan data melalui keamanan siber yang lebih baik di lingkungan Grup BUMN, selain itu juga bisa meningkatkan penggunaan AI untuk optimalisasi pengelolaan bisnis BUMN.

Sementara itu, Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, “Kolaborasi strategis dengan Microsoft ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN dan upaya FORDIGI BUMN untuk mempererat sinergi dalam Grup BUMN, serta dengan para mitra penyedia solusi teknologi untuk mempercepat dan memperluas transformasi digital di ekosistem BUMN agar menjadi technology leader yang berdaya saing global.”

Saat ini, Office 365 sudah digunakan sebagai platform produktivitas digital dan modernisasi cara kerja di berbagai BUMN dan afiliasinya.

“Pemanfaatan Office 365 secara lebih meluas di Grup BUMN akan memungkinkan karyawan BUMN untuk bekerja, berbagi hasil pekerjaan, dan berkolaborasi dari mana saja, serta dengan perangkat apa saja, menggunakan rangkaian aplikasi produktivitas berbasis cloud Microsoft. Dilengkapi dengan lapisan-lapisan keamanan yang membantu melindungi data karyawan, teknologi ini akan mendukung sinergi BUMN dalam meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial di Indonesia. Kami merasa terhormat dapat mengambil bagian dalam akselerasi transformasi digital Grup BUMN dan berharap bisa meneruskan momentum positif ini dengan berkolaborasi bersama FORDIGI BUMN di bidang lain, seperti generative AI dan cybersecurity,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dalam kesempatan yang sama.

Kementerian BUMN bersama dengan FORDIGI BUMN berkomitmen untuk  mengakselerasi dan memperluas transformasi digital di Grup BUMN dengan bekerjasama dengan para mitra penyedia teknologi untuk menghadirkan perubahan positif yang signifikan bagi  BUMN Group.

###

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Umi Gita Nugraheni
Subkoordinator Hubungan Masyarakat Kementerian BUMN
+62 821 23179417