Kepala UPTD SMPN 4 Kisaran H. bambang Hermoyo Spd.Mpd.Sekolah Sehat Sebagai Wadah Implementasi Anak Indonesia Yang Sehat Dan Berkarakter.

Screenshot 2023 0831 070754

Loading

Kepala UPTD SMPN 4 Kisaran H. bambang Hermoyo Spd.Mpd.Sekolah Sehat Sebagai Wadah Implementasi Anak Indonesia Yang Sehat Dan Berkarakter.

NKRI JST-News Asahan – Saat ini Kemendikbudriatek telah mengeluarkan surat edaran nomor 4447/C/HK.04.01/2023 tentang Kampanye Sekolah Sehat.
Sekolah Sehat merupakan wadah implementasi Anak Indonesia Yang Sehat Dan Berkarakter, Guna mengetahui lebih lanjut beberapa media menemui Kepala UPTD SMPN 4 Kisaran H. bambang Hermoyo Spd.Mpd di ruang kerjanya,Rabu 30 Agustus 2023 sekira pukul 14.00 wib.

“H. Bambang Hermoyo Spd. Mpd menuturkan Sekolah sehat adalah sekolah yang bersih, hijau, indah dan rindang, peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat, , Ada tiga item untuk menunjang kampanye sekolah sehat yang biasa di kenal dengan sebutan 3S yakni Sehat Fisik, Sehat Jasmani dan Sehat Imunisasi.

Untuk Implementasinya Sehat Bergizi : anak – anak tidak memakan makanan yang sembarangan sehingga di haruskan membawa makanan atau bekal dari rumah, pemberian gizi berupa vitamin, Sehat Fisik : setiap dua kali seminggu mengadakan senam kesegaran jasmani sesuai arahan dinas pendidikan kabupaten asahan, mengadakan tarian budaya dalam rangka melestarikan budaya Asahan, sekolah juga ada grup futsal, sepak bola dan renang, Sehat Imunisasi : sekolah ada bekerjasama dengan puskesmas sidodadi sehingga rutin dan berkala melakukan imunisasi di sekolah dengan memberikan surat kepada wali murid agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Sekolah SMPN 4 ini memiliki ruang kelas sebanyak 19 ruangan, jumlah siswa laki – laki 285 orang, perempuan 275 orang, untuk tenaga pengajar PNS sebanyak 25 orang dan honor 10 orang, untuk prestasi sekolah sendiri pernah menjuarai olympiade siswa nasional cabang renang, futsal lomba tingkat kabupaten,” tutur Bambang Hermoyo mengakhiri.

Kampanye Sekolah Sehat
Merupakan segala upaya yang dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, para mitra, satuan pendidikan, masyarakat pemangku kepentingan lainnya tentang pentingnya penerapan Sekolah Sehat dengan berfokus pada Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi di satuan pendidikan.

Manfaat Kampanye Sekolah Sehat
Peserta Didik : Pembudayaan Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi agar status kesehatan meningkat dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik​

Pendidik dan tenaga kependidikan : Peningkatan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.​​

Orang tua dan masyarakat : Berperan dalam usaha peningkatan derajat/status kesehatan peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah​​

Sasaran Kampanye Sekolah Sehat meliputi :
– Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/ Kota.
– Sekolah/Satuan Pendidikan di semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan (PAUD, SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, SLB, SKB, dan PKBM).
– Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orang tua, dan Masyarakat.

error: Content is protected !!