Polda Jateng Gelar Presstour 2023, Ini Pesan Kapolda Jateng Pada Wartawan

IMG 20230517 194707

Loading

Jst-news.com |SEMARANG – Netralitas dalam pemberitaan menjadi kunci utama dalam upaya menjaga kondusifitas setiap pentahapan Pemilu 2024. Hal ini menjadi tugas mulia yang harus dikerjakan secara sinergi oleh Humas TNI Polri dan awak media untuk mencegah polarisasi dan menciptakan suasana sejuk di masyarakat.

Hal tersebut menjadi penekanan Kapolda Jateng saat memberikan sambutan dalam acara Presstour Bidhumas Polda Jateng TA 2023 di Melva Balemong Resor Kab. Semarang pada Selasa (16/5/2023) pagi.

Presstour Bidhumas Polda Jateng turut dihadiri oleh PJU Polda Jateng, Kapolres Ekswil Semarang, Kapendam beserta jajaran staf, Pen Lanal, serta Pimpinan Redaksi dan rekan wartawan mitra Polda Jateng dari Kota Semarang, Surakarta, Grobogan hingga Tegal.

Dalam acara yang digelar dalam suasana sejuk dan akrab tersebut, Kapolda memberikan Brainstorming kepada para wartawan dan Pimpinan Redaksi.

IMG 20230517 194721
“Ada tugas mulia yang dilaksanakan oleh Humas Polri, TNI dan wartawan yang harus sejalan dan seirama dalam melakukan penetrasi berita di setiap tahapan pemilu untuk menciptakan suasana sejuk di masyarakat,” ujar Kapolda di awal sambutannya.

Kapolda menyebut peran serta awak media sangat penting dalam penerbitan berbagai berita nasional termasuk prestasi ungkap kasus yang dilakukan Polri.

Kapolda menuturkan, berkat pemberitaan yang produktif dan objektif, kepuasan masyarakat dalam penanganan arus mudik dan balik mencapai 89,5 persen.

“Tentu ini tidak lepas dari peran wartawan lakukan penertrasi pemberitaan dimasyarakat berita mudik secara terang benderang di masyarakat,” lanjutnya.

Untuk mencegah terjadinya polarisasi dan sebagai upaya cooling system di masyarakat dalam pentahapan Pemilu 2024, jenderal bintang dua itu menambahkan penanganan dunia maya menjadi prioritas utama karena dunia maya merupakan sarana utama pemberitaan saat pemilu nanti.

“Sehingga perlu adanya kerjasama antara Humas Polri dan media dalam melakukan penetrasi pemberitaan di dunia maya,” tambahnya.

Dengan memperbanyak upaya cooling system dan menjadi penengah dimasyarakat diharapkan mampu menciptakan suasana sejuk di masyarakat selama tahapan pemilu.

Kapolda menegaskan, netralitas tetap menjadi kunci utama dalam upaya polri mensukseskan setiap tahapan pemilu

“Kuncinya ada 3, yaitu pertama netral, dua, netral dan tiga netral. Itu jawabannya,” tegas Kapolda.

Netralitas, menurut Kapolda merupakan harga mati bagi TNI Polri, termasuk dalam pemberitaan di masyarakat.

Usai sambutan Kapolda, Kegiatan presstour dilanjutkan dengan sesi foto bersama, penyerahan cinderamata dan Fungame yang diikuti oleh seluruh peserta.

Keseruan acara Fungame sendiri mendapat apresiasi oleh para rekan media yang mengikuti kegiatan.

“Semua (rekan wartawan) senang, full senyum. Matursuwun untuk Humas Polda Jateng,” ujar Herjoko, wartawan senior dari Jakartapost.

Keceriaan turut terpancar dari wajah para wartawan yang tersenyum sumringah saat terima ratusan doorprize yang diundi dalam acara.

“Matursuwun Humas Polda Jateng untuk acara presstour hari ini, seru sekali,” ujar Holy, wartawan dari Kuasakata.

Siaran Berita
Bidhumas Polda Jateng
Selasa, 16 Mei 2023

Red-Spyd

>> PT.JST-NEWS MEDIA GROUP TAHUN 2022 <<
error: Content is protected !!