let’s go – visit to digital multimedia news

Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Loading

Jst-news.com Klaten Jawa Tengah

Panitia Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di kabupaten Klaten Jawa tengah, yang mana Pilkades tersebut ikuti 67 desa yang terdiri dari 22 kecamatan yang ada di kabupaten Klaten Jawa tengah, 04/04/2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di masing masing desa yang mengikuti pelaksanaanya, dan Pilkades di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sudah terbentuk.
Kepanitiaanya yang dilaksanakan oleh masing masing Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
yang desanya ikut Pilkades serentak di tahun 2023.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat (dispermades) Wahyuni Sri Rahayu menerangkan,
Pembentukan panitia pilkades sudah dibentuk pada 29 sampai 31 Maret oleh masing masing BPD di desa. Dan juga Sudah dilantik,” ujar
Wahyuni Sri Rahayu, Selasa (4/4/2023).

Sedangkan saat ini, tahapan Pilkades serentak 2023 di Klaten yakni melaksanakan pemutakhiran data pemilih di masing masing desa. Adapun pemutakhiran data pemilih, dilakukan mulai 1 sampai 5 April 2023. Dan panitiapun akan melakukan pemutakhiran bersama Dukcapil yang sifatnya koordinasi, terangnya.

Setelah itu, pada 6 sampai 8 April 2023, akan dilanjutkan dengan penyusunan  daftar pemilih sementara (DPS) dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).
Namun sebelum DPT ditetapkan, terlbih dahulu akan diperiksa kembali akankah ada tambahan pemilih atau tidaknya,” imbuhnya.

Disinggung terkait jumlah desa yang ikut dalam Pilkades tahun 2023, Wahyuni menegaskan, dari sebanyak 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan, Sejauh ini belum ada data penambahan desa, dan masih tetap 67 desa di 22 kecamatan tersebut, dan untuk salah satu desa yang kadesnya meninggal dunia beberapa waktu kemarin, akan di koordinasikan Apakah bisa atau tidaknya mengikuti Pilkades serentak di tahun ini, tegasnya.

Adapun tahapan sosialisasi Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, telah dilaksanakan pada Senin (13/03/2023). Untuk hari pencoblosan dilakukan pada Rabu, 05 Juli 2023.
Dan Pembiayaan Pilkades serentak akan menggunakan APBD Klaten yang berkolaborasi dengan APBDes pemkab Klaten.

Untuk melaksanakan Pilkades serentak gelombang I tahun 2023 ini mengucurkan anggaran senilai Rp 4,4 miliar, tandasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengucapkan, bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di tahun 2023 ini dilakukan di 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan, yang mana dari total 26 kecamatan yang ada di daerah itu.

“Pilkades serentak di gelombang I ini kita adakan di 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan, sedangkan untuk empat kecamatan, yang tidak melaksanakan Pilkades di tahun ini yakni kecamatan Bayat, Kecamatan kalikotes, kec Delanggu dan kec Klaten Tengah,” ucapnya.

Ditambahkan pula, beberapa hal yang menjadi dasar pertimbangan, mengapa Pilkades dilakukan secara serentak dan bergelombang karena habisnya masa berlakunya jabatan kepala desa secara bersamaan.
Sehingga, pelaksanaan Pilkades di laksanakan dengan serentak, dan dikelompokan sesuai dengan masa akhir dari jabatannya, imbuhnya.

“Untuk gelombang II dan III akan kita sesuaikan dengan masa akhir jabatannya di tahun 2025, tutupnya.(Wid/ynt)