let’s go – visit to digital multimedia news

Antisipasi Upal, Sat Samapta Polres Patroli Pasar dan Beri Himbauan

Loading

Jst-news.com |Temanggung – Menjelang Bulan Ramadhan, Polres Temanggung Polda Jateng mengintensifkan patroli serta himbauan kepada masyarakat utamanya pasar tradisional terkait antisipasi maraknya peredaran uang palsu.


Kapolres Temanggung, Polda Jateng AKBP Agus Puryadi melalui Kasat Samapta AKP Suwondo mengatakan patroli merupakan salah satu cara Polisi hadir ditengah masyarakat apalagi saat ini menjelang puasa Ramadhan, disamping untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif para petugas juga melakukan sosialisasi tentang uang palsu yang biasanya marak beredar menjelang bulan Ramadhan.

“Sasarannya biasanya para pedagang di pasar tradisional yang tidak memakai alat pendeteksi uang,” Terangnya, Selasa (21/3).

Lebih lanjut AKP Suwondo mengungkapkan sebetulnya ada beberapa cara untuk membedakan uang palsu dengan uang asli yaitu dengan 3D dilihat, diraba, dan diterawang, namun secara umum dari bentuk dan tampilannya saat ini uang asli dengan uang palsu mudah dibedakan dikarenakan pengaman dari BI sudah sangat canggih dan susah untuk ditiru.

“Intinya butuh ketelitian, namun biasanya para pelaku memanfaatkan kelengahan para pedagang dalam melakukan aksinya, misalnya saat pembeli ramai,” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut para petugas juga mensosialisasikan nomor-nomor yang dapat dihubungi baik itu melalui Call Center 110, nomor WA Kapolres maupun petugas Polsek terdekat dan berpesan apabila menjumpai suatu tindak kejahatan agar segera melaporkan dan tidak main hakim sendiri.


“Jangan sungkan dan segan melaporkan kejadian maupun informasi kepada kami, Insya Allah akan segera kita tindak lanjuti,” Pungkasnya.

Sementara itu Suwarti salah satu pedagang di Pasar Kliwon Temanggung menyampaikan terimakasih atas sosialisasi yang dilakukan petugas, dengan adanya petugas dilapangan membuat para pedagang menjadi nyaman dan aman.

“Terimakasih pak Polisi,…” Ujarnya.

(Spyd)