let’s go – visit to digital multimedia news

Antisipasi Laka Air Kapolres Temanggung Bagikan 15 Pelampung Kepada Pengelola Wisata

Loading

Jst-news.com |Temanggung – Dalam rangka mencegah dan meminimalisir kejadian kecelakaan Laut/air di obyek wisata perairan, danau / bendungan, Polres Temanggung, Polda Jateng melaksanakan sosialisasi dan pembagian pelampung kepada masyarakat pegelola wisata di Rawa Gembongan Desa Tegowanu Kecamatan Kaloran.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penggunaan atau pemakaian alat keselamatan saat beraktivitas di perairan adalah sudah menjadi Standart Operasional Prosedur maka perlu dilakukan langkah-langkah nyata yaitu dengan melaksanakan kegiatan Ikan Selayar yang dilaksanakan secara serentak dan bersama-sama diseluruh wilayah Hukum Polda Jateng.

“Keselamatan khususnya dalam pelaksanaan kegiatan wisata air merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama baik dari pemangku Kebijakan, operator atau pelaku jasa wisata perairan serta termasuk para pengunjung wisata sendiri,” Terangnya. Rabu (8/3).

Kapolres menambahkan berdasarkan data Kamtibmas Dit Polairud Polda Jateng pada Tahun 2022 di wilayah jajaran Polda Jateng terdapat kejadian Laka air sebanyak 168 kejadian dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 131 orang dan korban yang belum ditemukan sebanyak 30 orang.

“ Sebanyak 54 orang meninggal disebabkan karena tenggelam, hanyut dan jatuh di laut atau perairan,” Tambahnya.

Orang nomor satu di Polres Temanggung itu mengungkapkan salah satu kejadian menonjol yaitu pada Tahun 2021 terjadi Laka air di Kawasan Wisata Kedungombo Boyolali dan menyebabkan 9 orang meninggal dunia.

“Faktor penyebabnya adalah kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengutamakan keselamatan disaat beraktivitas misalnya menaikkan penumpang melebihi kapasitas, tidak menggunakan alat keselamatan dan lain sebagainya.” Ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut Kapolres Temanggung membagikan bantuan sosial berupa 15 paket Sembako kepada warga sekitar dan juga 15 pelampung kepada pengelola Wisata.

“Semoga pelampung ini bisa digunakan guna mencegah terjadinya fatalitas maupun korban apabila terjadi laka air dan juga menjadi langkah awal bagi masyarakat dalam mengutamakan keselamatan,” Pungkas Kapolres.

(Humas Polres Temanggung)

Red-Spyd