let’s go – visit to digital multimedia news

SOSIAL : KPM PKH KECAMATAN PRINGGABAYA LOTIM NTB MENUNJUKKAN TREND MENURUN

Loading

IRFAN ALI, S.H., M.H., PENDAMPING PKH KECAMATAN PRINGGABAYA LOTIM NTB

Jst – News.com, Lotim NTB : Senin 20/02/2023 Program Keluarga Harapan (PKH) nerupakan program Penerintah RI lewat Kementerian Sosial yang dalam perjalanannya bekerjasama dengan Kementerian lainnya. Sasaran KPM dari PKH ini adalah para keluarga miskin, bersarat, dan memenuhi 4 komponen seperti halnya hamil, punya balita, anak PAUD, SD, SMP, SMA (0 s.d SMA), Lansia, dan Disabilitas. Sebagaimana disampaikan salah seorang Pendamping PKH Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Dengan harapan angka kemiskinan menurun diikuti dengan kehidupan masyarakat yang semakin sejahtera,” kata Irfan Ali, SH., M.H., pendamping PKH Kecamatan Pringgabaya, Senin 20/02/2023.

PENDAMPING PKH KECAMATAN PRINGGABAYA LOTIM NTB PERTEMUAN KELOMPOK



Lebih jauh Irfan, kebijakan Penerintah Pusat bahkan terhadap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH umur di bawah 45 tahun diberdayakan dengan memberikan bantuan sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. kemudian disebut Daya Sos (Pemberdayaan Sosial), karena dengan pertimbangan usia produktif.

Keberhasilan dari PKH ini dilihat dari kondisi KPM PKH yang mengalami dinamis dalam jangka waktu yang ditetapkan pemerintah (5 tahun). Perubahan tersebut, meunjukkan peningkatan tarap perekonomian KPM PKH dari miskin menjadi mampu, sehingga yang bersangkutan harus keluar atau dengan sendirinya keluar dari kepesertaan angota KPM PKH. Atau dikenal sebagai Graduasi dikenal sebagai kondisi peserta KPM PKH yang menunjukkan kemampuan, sehingga tidak memerlukan bantuan lagi.

PENDAMPING PKH KECAMATAN PROINGGABAYA LOTIM NTB SEDANG BERFOSE BERSAMA DALAM MOMENT HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2022



Irfan menjelaskan perihal Graduasi. Menurutnya Graduasi ada 2 yaitu : Mandiri dan Alami. Ketika seseorang merasa telah mampu sehingga secara otomatis dia sudah keluar sebagai kepesertaan KPM PKH. Sedangkan Graduasi alami, ketika seseorang sudah tidak lagi keterkaitan dengan 4 komponen bersyarat tersebut.


“Graduasi inilah yang mengurangi jumlah KPM PKH. Artinya, Graduasi ini menunjukkan adanya peningkatan atau berhasilnya PKH. Dan tahun 2023 ini kondisi KPM PKH di Kecamatan Pringgabaya Lotim angka KPM PKH ada sejumlah 8.999 KPM,” terang Irfan.

Selanjutnya Irfan menyebut angka KPM PKH se Kecamatan Pringgabaya. Menurutnya, pada tahun 2020 KPM PKH berjumlah 11.250, mengalami Graduasi menjadi 8.999 KPM PKH.

“Ini menunjukkan angka keberhasilan, pengurangan jumlah KPM PKH yang disebabkan oleh Graduasi, baik Graduasi Mandiri maupun Grafuasi Alami,” kata Irfan (Kusmiardi).


Apitaik Lotim NTB, Senin 20 Februari 2023
Hormat,

KUSMIARDI
Jurnalis Jst – News.com
Biro Lotim NTB.