16, Feb 2023
PARIWISATA : POKDARWIS WIRENG BAYA DESA LENEK LOTIM NTB TERUS BERINOVASI BANGUN DUNIA KEPARIWISATAAN

Loading

RUMAH BUDAYA FAER LENEK, DESA LENEK LOTIM NTB

Jst -News.com, Lotim NTB : Kamis, 16/02/2023. Salah satu dari Destinasi Wisata yang eksis di Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah di Desa Lenek Kecamatan Lenek, yang keberadaannya dikuatkan dengan dibentuknya Pokdarwis yang dinamakan Wireng Baya pada 13 Juli 2020. Lewat Pokdarwis ini, Desa Lenek yang dikenal sebagai desa budaya semakin eksis menggali potensi yang ada di desa setempat.

Ketua Pokdarwis Wireng Baya Desa Lenek Lotim, M.Tobroni, SH., Kamis 9/02/2023 menyampaikan bahwa, Pokdarwis terus berbenah diri, berinovasi membangun dunia kepariwisataan di Desa Lenek. Sampai saat ini, Pokdarwis sudah mengenalkan ragam potensi kepariwisataan. Sejak berdiri wadah tersebut pihaknya telah berupaya memadukan potensi yang ada, semisal potensi Alam, Seni Budaya, dan Kuliner.

WISATA SAWAH (AGRO WISATA/WISATA ALAM) DESA LENEK LOTIM NTB, 2023

Pokdarwis Wireng Baya telah mengenalkan Wisata Persawahan, sebagai wujud dari Wisata yang mengangkat potensi alam. Dalam dunia kepariwisataan hal ini mugkin dikategorikan masuk Wisata Agro. Yang jelas pertanian/persawahan merupakan bagian dari potensi alam yang indah dan menghasiljan pangan yang banyak mendatangkan manfaat bagi kseharian dan penataan perekonomian masyarakat setempat.

“Sebagaii ending destinasi wisata di Desa Lenek adalah : rekreasi dan menata (menumbuh-kembangkan) perekonomian masyaarakat,” kata M.Tobroni. Menurutnya, masyarakat perlu santai usai dari rutinitas kerja. Potensi alam pedesaan kita sangatlah indah dan produktif yang akan memanjakan masyarakat sekeluarga hingga mendatangkan multi manfaat termasuk dalam menopang hidup dan kehidupan masyarakat.

KAWASAN BENDUNGAN REBAN TEBU DESA LENEK LOTIM NTB, DITATA SEKALIGUS UNTUK DESTINASI WISATA DESA KE DEPAN.

M.Toobroni kemudian memaparkan skenario perjalanan dari keberadaan ragam wisata yang ada di Desa Lenek. Kata dia, masyarakat atau pengunjung dapat menikmati atau menyaksikan secara estafet ragam dunia kepariwisataan dalam satu kesatuan waktu. Menurutnya, pengunjung bisa menanfaatkan waktu tergantung dari yang bersangkutan, apakah dalam kurun satu hari, kurun waktu seminggu atau dalam kurun waktu sebulan.

“Mungkin pengunjung/wisatawan ( wisnu maupun wisman) mengawali dari destinasi wisata sawah, setelah itu bisa menikmati pegelaran seni budaya di rumah/balai/sanggar seni budaya, lalu menikmati kuliner khas tradisional setempat,” terang M.Tobroni.

DULANG BANJAR. DENGAN SEMANGAT BERAMAL IKHLAS GERAKAN SERIBU DULANG MENGIRINGI BUDAYA NGEJOT PADA H – 1 IDUL FITRI DI DESA LENEK LOTIM NTB. DULANG BANJAR JUGA SEBAGAI BUDAYA YANG SERING MENGIRINGI KEGIATAN ADAT, AGAMA, PEMERINTAHAN, MASYATAKAT (GOTONG ROYONG) DI PULAU LOMBOK NTB.

Kondisi terkini terkait dengan pemanfaatan potensi alam di Desa Lenek, M.Tobroni menyebut akan dibangunnya atau penataan kawasan Bendungan yang ada di kawasan pertanian di sebuah wilayah pedusunan Desa Lenek.

“Insyaa Allah bulan Maret tahun 2023 ini Pemdes Lenek akan mulai membangun kawasan Wisata Reban Batu yang ada di wilayah Dusun Kalisinta,” ujar M.Tobroni.

M. TOBRONI, SH.,KETUA POKDARWIS WIRENG BAYA DESA LENEK LOTIM NTB, 2023.

Menurut M.Tobroni, Bendungan di Reban Batu mengalir air sungai (untuk persawahan) tembus hingga wilayah Desa Lenek Lauk. Di sekitar kawasan Bendengan dan pinggiran sungai akan ada aktivitas perekonomian masyaakat untuk menyiapkan/menyuguhkan apa yang menjadi kebutuhan para pengunjung nantinya.

“Di kawasan Bendangan dan pinggiran Sungai akan ditata sedemikian rupa dengan penempatan Lapak bagi masyarakat yang menyuguhkan/menawarkan ragam kebutuhan mulai dari kuliner (utamanya yang khas tradisional), produk krrajinan, hingga seni budaya,” cetus M.Tobroni (Kusmiardi).

Apitaik Lotim NTB, Kamis 16 Februari 2023.
Hormat,

KUSMIARDI
Jurnalis Jst – News.com
Biro Lotim NTB.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

PT.JST NH GROUP JST NEWS COM - MULTIMEDIA