let’s go – visit to digital multimedia news

MUALAN PESANGGRAHAN DESTINASI WISATA ANDALAN DESA AIKMEL LOTIM NTB.

Loading

MATA AIR (KEMUALAN : SASAK) PESANGGERAHAN AIKMEL LOTIM NTB

Jst – News.com, Lotim NTB : Desa Aikmel dikenal sebagai desa tua yang memiliki potensi peninggalan bersejarah. Antaranya adalah Mata Air (Kemualan : Sasak) Pesanggerahan yang berlokasi di perempatan jantung kota Kecamatan Aikmel (lingkungan/depan Masjid Besar) dKeberadaan Mualan Pesanggerahan dikenal jauh sebelum masa Belanda. Sebagai sumber mata air, dimanfaatkan sebagai air bersih dan mengairi ribuan hektar sawah di wilayah Aikmel, Wanasaba, Pringgabaya, bahkan hingga wilayah Labuhan Haji.

Sekarang ini, Mualan Pesanggerahan0ekat dengan Masjid Besar Al Mujahidin Aikmel Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB). Aikmel Lotim NTB dijadikan wisata air, ditata sedemikian rupa dengan fasilitas yang refresentatif ; ada kolam untuk anak dan orang dewasa. Di kawasan sekitarnya ada lapak-lapak tempat jualan bagi masyarakat.

KOLAM RENANGUNTUK ANAK-ANAK DIDESTINASI WISATA PESANGGRAHAN DESA AIKMEL LOTIM NTB



“Inilah andalan Desa Aikmel ke depan. Potensial berdampak bermanfaat bagi penataan perekonomian masyarakat dan sebagai bagian penting sangat berperan sebagai sumber PADes,” kata M.Putradi Zaki, S.I.Kom., Sekdes Aikmel, Selasa 14/02/2023.

Lebih jauh Putradi Zaki, dari aspek sejarah, Mualan Pesanggerahan Aikmel menjadi menarik dan hal tersebut sebagai dasar untuk meningkatkan lebih jauh keberadaan Mualan Pesanggerahan, sebagai Destinasi Wisata dengan Latar Belakang Sejarah yang sangat penting.

M. PUTRADI ZAKI, S.I.Kom., SEKDES AIKMEL LOTIM NTB.



“Kami dari Pemdes, tokoh masyarakat, para pakar budaya, Dinas terkait dan pihak stakeholder serta pihak lainnya, untuk melakukan kajian terkait dengan Myalan Pesanggerahan Desa Aikmel Lotim NTB ini,” lanjut alumni Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sospol Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2016 ini.

Putradi Zaki menjelaskan, niat melestarikan Destinasi Wisata yang memilik.nilai sejarah itu adalah mengingat para suhada, pahlawan yang telah berjuang hingga tercapainya Indonesia yang merdeka, Indonesia yang berdaulat.

“Jadi, itu antara lain langkah ke depan untuk menggali dan memgembangkan potemsi desa yang memiliki nilai sejarah seperti halnya Mualan Pesanggerahan ini,” cetus M.Putradi Zaki (Kusmiardi).

Apitaik Lotim NTB, Selasa 14 Februari 2023
Hormat,


KUSMIARDI,
Jurnalis Jst – News. Com
Biro Lotim NTB.