20, Feb 2023
KULINER : CECENGE SUPER PEDAS NAMUN BERGIZI … OLAHAN KULINER DARI MASYARSKAT SUKU BANGSA SASAK LOMBOK NTB

Loading

SAYUR CECENGE MASAKAN KHAS DAERAH LOMBOK NTB.

Jst – News.com, Lotim NTB : Senin 20/02/2024. Daerah Lombok (Lotim, Loteng, Lobar, Kota Mataram, KLU) kaya sumber daya khas, mulai dari seni-budaya, kerajinan, kuliner hingga keeksotisan pesona alamnya. Dari segi kuliner (jajanan/kue, lauk pauk) yang bergizi (berbahan baku dari naba5i dan hewani. Semuanya diolah dengan penuh penğhayatan sebagai bagiaan dari warisan budaya leluhur nenek moyang kita suku bangsa Sasak.
Berbicara tentang kuliner lauk-pauk, tak kurang dari ratùsan menu yang dapat dihadirkan untuk keluarga dan masyarakat , dalam keseharian, acara rresmi maupun sebagai bagian dari jenis ragam menu dari pedagang kecil, sebuah rumah makan ataupun restaurant. Satu antaranya adalah Cecenge.
Cecenge meruoakan lauk-pauk yang berbahan baku dari ragam sayuran, biji-bijian, talas, cabe besar hijau, cabe rawit hijau/merah, bawang putih, terasi, garam, santan kelapa, daging, ikan (laut maupun darat/kolam,

Cecenge dan variannya.
Menurut 2 orang narasumber dari Lombok Tengah (Loteng) dan Lombok Timur (Lotim). Cecenge sebagai tampilan dasar, sedang ikan, telur, dan daging merupakan isi untuk selanjutnya tampil sebagai nama Cecege dimaksud.
Menurut Lina Murtiana, seorang pengrajin home industri dari Aikmel, Senin 20/92/2023 mengatakan, Cecenge denfan bumbu pedas dan ragam sayurdan bijian yang ada dengan air santan itu dalam satu campuran dengan tampilan plavor dan rasa yang nikmat, gurih, dan pedas.
“Cecenge ini biasa disuguhkan sebagai menu santap waktu bekerja di sawah,” ujar Lina Murtiana. Menurutnya, isi dari Cecenge tergantung selera masyarakat yang membuat Cecenge tersebut.
Dirinya kemudian menyebut bahwa, isi akan memberi tampilan sebagai nama Cevege tersebut. Bisa dari telur, ikan, atau daging.

BAIQ SIRTUPILLAILI, S.Pd., GURU SDN 22 PRAYA LOTENG NTB


“Jika diisi telur maka namanya Cecenge Telur, kalau isinya ikan tengiri namanya Cevege Tengiri, kalau daging Sapi maka namanya Cecenge empak sampi (daging Sapi),” terang Lina Murtiana.
Senada disampaikan Baiq Sirtupillsili, S.Pd., seorang guru SDN 22 Praya Loteng, Cecenge merupakan menu andalan di desa setempat utamanya dalam acara begawe. Biasanya, kata dia, Cecenge diisi dengan ikan.
“Kandok Cengeh merpakan makanan khas di desa saya Jenggik Praya Loteng. Uama waktu begawe arus ada Cengeh apalagi dicampur dengan Ikan Tengiri. Dan biasanya campurannya pakai Ikan Tengiri kalau di desa saya,” aku Baiq Sirtupillaili (Kusmiardi).

Apitaik Lotim NTB, Senin 20 Februari 2023
Hormat,

KUSMIARDI
Jurnalis Jst – News.com
Biro Lotim NTB.

One thought on “KULINER : CECENGE SUPER PEDAS NAMUN BERGIZI … OLAHAN KULINER DARI MASYARSKAT SUKU BANGSA SASAK LOMBOK NTB

Comments are closed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

PT.JST NH GROUP JST NEWS COM - MULTIMEDIA