let’s go – visit to digital multimedia news

Biosaka Terbukti Mampu : “Menekan Biaya Produksi Hingga 50% Penggunaan Bisa Mengurangi Pupuk Kimia Sangat Signifikan”

Loading

Jst-News.Com | Cilacap, 1 Februari 2023 laporan tim wartawan se-tempat oleh : zulfikar¬©info.23/2/1.Jateng, bermedia berita swasta online melintas pun untuk kemajuan jst-news menuangkan makalah “silaturahmi” hingga sekarang berkomunikasi, dengan bijak dan mulia.

Rilisan berita oleh tim para petani ditempat, disaat petani kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi,” BIOSAKA adalah alternatif paling tepat.
karena telah terbukti berdasarkan testimoni yang dilakukan di lahan pertanian didesa karang pakis kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap 31 Januari 2023.

Dihadiri oleh kepala dinas pertanian Cilacap Ir.Susilan serta Aries Prasetya SP koordinator PPL Kec.Nusawungu dan sekretaris desa karang pakis , berikut Babinsa karang pakis Serka Bahrul,” melakukan panen perdana padi hasil uji coba menggunakan pupuk biosaka, dan hasilnya cukup memuaskan.

Ir.Susilan menghimbau,”
setiap petani agar menggunakan pupuk biosaka,” disamping ekonomis juga menghemat pemakaian pupuk kimia hingga lebih dari 50% dan meningkatkan produktivitas pertanian, ini juga bisa digunakan untuk tanaman lain nya,”
Jelasnya .

Berdasarkan hasil testimoni Aries Prasetya SP koordinator PPL kecamatan Nusawungu mejelaskan,” dengan penggunaan pupuk Ponska atau pupuk kimia perhektar nya 175 kg berkarborasi menggunakan penyemprotan biosaka sebanyak enam kali menghasilkan 8,2 ton padi, sedangkan yang menggunakan pupuk kimia 100% atau 350 kg pupuk kimia hanya menghasilkan 7,2 ton per hektar nya, artinya produksi petani meningkatkan 1 ton perhektarnya, ini bukan rekayasa,”
jelasnya saat disampaikan di forum kelompok tani sekitar.

Koordinator PPL kecamatan Nusawungu Aries Prasetya SP. Saat dikonfirmasi dilokasi,” karena gigih nya PPL untuk meyakinkan para petani dan mengedukasi sekaligus mempraktekkan nya, dengan memanfaatkan 4 sampai 5 macam jenis rumput liar disekitar tanaman, dengan cara diremas-remas dengan air selama 10 – 20 menit,
Air hasil dari remasan rumput tersebut yang bakal kita gunakan nanti, juga bisa disimpan dengan waktu cukup lama, lima sampai 10 tahun jelasnya.

Aries Prasetya SP. berharap agar semua para petani dapat menggunakan dan memanfaatkan nya, karena sesuai dengan kondisi tanah di Indonesia, juga menekankan biaya produksi petani hingga 50% disamping pengerjaan mudah bahan bahan pun tidak harus beli atau mudah didapat,”
Bagi petani yang masih kurang memahami atau belum menggunakan pupuk biosaka dapat menghubungi PLL, kami siap membantu dan mengedukasi
Harapnya.

Kasianto, petani yang telah menyediakan lahannya untuk uji coba penggunaan pupuk biosaka dengan perbedaan hasil panennya sangat signifikan,” terlihat tanaman nya subur tanahnya tidak bantet atau keras,”
Kasianto pun berharap semoga biaya produksi bisa ditekan lagi dan hasil maksimal harap nya©2023/tim-red