EKONOMI KERAKYATAN (3) : GUBUK PINDANG DESA APITAIK LOTIM NTB MOTOR PENGGERAK PEREKONOMIAN PEDESAAN, DILIRIK IKA NTB DAN ISTANSI TERKAIT.

IMG 20230126 WA0055

Loading

IMG 20230126 WA0055

Jst-News.com |Kamis 26/01/2023. Semangat berusaha para Pemindang Ikan di Gubuk Pindang Desa Apitaik menjadikan motivasi bagi generasi muda untuk ikut menjadikan Pemindangan Ikan ini sebagai profesi mereka. Di antaranya yang saat ini bersama keluarga kecilnya memilih menjadi seorang Pemindang Ikan yang tergolong berhasil. Antaranya adalah Rohdi aliyas Amaq Sisca.
“Alhamdulillah … kami menjual Ikan Pindang ini ke Bertais Sweta, dengan membawa dagangan bahkan hingga bernilai tak kurang dari 2 jutaan untyk jenis ikan Cumi’cumi,” tutur Amaq Sisca.
Senada disampaikan oleh Syukur dan Tuti yang juga berdagang Ikan Pindang ke Bertais. “Alhamdulillah ke Bertais tiap hari pak, bawa Ikan Pindang Tongkol, Bemgkawal, dan Ciro,” akunya. Sebagaimana juga disampaikan Tuti. “Ya … bawa Cumik 1 bakul senilai 900 ribu hingga 1 juta rupiah,” katanya.
Hirsan, seorang Sopir mengaku membawa pedagang Ikan Pindang ke Bertais. Berangkat pagi dini hari pukul 02.30 wita.
“Bawa 9 penumpang dengan bawaan barang hingga 100 s.d 150 bak/bakul Ikan Pindang pak. Bisa nilai jual Pindang mereka lebih dari puluhan juta,” kata Hir (panggilan akrab Hirsan).
Keberadaan Warga Gubuk Pindang ini sesungguhnya terpantau oleh Pengurus IKA (Ikatan Keluarga Apitaik) NTB yang berkeduduksn di Mataram. Hal tersebut disampaikan oleh Rusdi Arjiman, S.Sos., Sekretaris IKA NTB.
“Insyaa Allah tahun 2023 ini kita merapat ke Instansi terkait, sesuai bidang usaha warga Apitaik. Kalau seperti halnya ikan Pindang yang sudah dikenal lama dan berhasil, kami akan membicatakannya dengan Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai leading sektor,” katanya, sembari menambahkan bahwa, ada bidang usaha yang akan menanganinya. “Ada budang Usaha yang akan menanganinya. Insyaa Allah beluau berpengalaman urusan kerjasama dengan pemerintah (instansi terkait),” imbuhnya (Kusmiardi).

Apitaik Lotim, Rabu 25 Januari 2023
Hormat,

KUSMIARDI
Jurnalis Jst – News.com
Biro Lotim NTB.

error: Content is protected !!